Saturday, March 5, 2011

Tentara Amerika Pembocor Informasi Wikileaks Didakwa 22 Pasal

Angkatan Darat Amerika telah mendakwa seorang prajuritnya yang dituduh terlibat dengan kebocoran dokumen pemerintah Amerika yang diterbitkan situs Wikileaks, prajurit itu didakwa dengan 22 pasal.

Dakwaan terbaru terhadap Pratu Bradley Manning adalah termasuk membantu musuh, pelanggaran berat, namun jaksa mengatakan tidak akan membebankan hukuman mati.

Bradley Manning adalah seorang analis intelijen, ia sekarang ditahan di penjara militer Virginia.

Ia diduga telah membocorkan 620.000 dokumen diplomatik dan militer.

Pratu Manning yang bergabung dengan militer Amerika pada tahun 2007, awalnya didakwa pada bulan Mei dengan 12 tuduhan mendownload secara ilegal dan membagikan video rahasia dari operasi militer Amerika dan dokumen militer dan diplomatik rahasia.

Tuduhan haru terhadap prajurit tersebut adalah menggunakan software tidak sah pada komputer pemerintah untuk mendownload informasi rahasia dan tuduhan membuat intelijen diketahui "musuh".

Berdasarkan Seragam Kode Peradilan Militer Amerika, pelanggaran tersebut seharusnya dihukum mati.

Tetapi dalam rilis berita, Angkatan Darat Amerika mengatakan jaksa tidak akan mencari hukuman mati, meskiput Pratu Manning bisa mendapatkan hukuman seumur hidup jika dalam pengadilan terbukti bersalah.

Rincian

Pengacara Pratu Manning, David Coombs mengatakan tim pertahanan tentara telah mempersiapakan kemungkinan dakwaan tambahan pada beberapa pekan terakhir.

Pratu Manning kini ditahan di sel isolasi dengan keamanan tinggi di penjara militer di dasar laut Quantico, Virginia.

Pengacara David Coombs mengatakan dia berharap kepada persidangan untuk menentukan apakah militer telah cukup bukti untuk mendakwa tentara tersebut. Persidangan akan dilakukan pada bulan Mei atau Juni.

Ini adalah daftar baru dakwaan kepada Pratu Manning yang dituduh diperoleh secara ilegal.

* Lebih dari 380 data dari database catatan militer perang Irak
* 90.000 catatan dari database file perang Afghanistan
* 250.000 catatan dari database negara departemen diplomatik Amerika
* 75 dokumen yang diklasifikasikan departemen luar negeri, termasuk satu yang berjudul "Reykjavik-13"
* Sebuah file video bernama "12 JUL 07 CZ ENGAGEMENT ZONE #) GC"

Dalam beberapa bulan terakhir, Wikileaks telah menerbitkan dokumen-dokumen tersebut dengan judul Log Perang Irak, Diary Perang Afghanistan, dan bertumpuk-tumpuk rahasia kabel Departemen Luar Negeri Amerika dalam lima dekade.

Situs tersebut juga merilis kabel berjudul Reykjavik 13 yang berisi rangkuman diskusi diplomat Amerika Serikat dengan pejabat Islandia tentang masalah keuangan negara itu, dan sebuah video dari serangan helikopter 2007 di Irak yang menewaskan dua karyawan kantor berita Reuters. 

[muslimdaily.net/bbc]

No comments:

Post a Comment

My Ping in TotalPing.com
My Zimbio
Top Stories