Friday, March 25, 2011

Cerpen : Misteri Selembar Kebingungan

 http://www.klikmlm.net/images/20rb.png
Selamat malam, sahabat tersayang! Kembali di siaran perdata Radio Cihuy, sudah sarapan?! Jangan sampai ditinggalkan, karena bungkus rokok mengatakan kalau merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin.

Jadi siang tadi, saat kru Radio Cihuy sedang mengadakan acara tebar seribu pesona di parkiran sebuah minimarket besar pada bilangan jalan Gatot Subroto, seorang pria tanggung sekonyong-konyong mendekati kru, berkonsultasi dan meminta solusi akan masalah berat yang sedang dihadapinya.

Masalahnya seperti ini, pria tersebut tanpa sengaja mendapati harta terpendam dalam saku jaketnya yang sudah dua minggu ini dibiarkan teronggok di tempat baju-baju yang sudah terpakai namun belum disempatkan tercuci. Harta terpendam tersebut berupa sejumput uang Rp. 20.000,00,00 (red. agar terlihat cukup banyak, pria tersebut meminta ditambahkan nol dalam nominalnya), yang menjadi masalah, ia merasa bingung harus diberdayagunakan untuk apa uang tersebut.

Maka secara sigap, kru kami langsung melakukan survei pada beberapa manusia yang secara sengaja tidak kami temui demi mengetahui untuk apa sajakah biasanya uang dengan nominal Rp.20.000,00,00 mereka pergunakan. Berikut inilah komentar beberapa orang yang beragam dari hasil survei kami,

“Alah, 20ribu sich buat potong rambut di salon yang biasanya ini juga gag cukup. Secara gue orangnya up to style gitoh. Ya gitu dech dong.”  -(Yono, Penyanyi yang kurang dikenali, ditemui kru saat sedang creambad di sebuah salon. Abang karyawan salonnya cakep.)

“Kalo aku, 20ribu sih paling cukup buat makan sekali di KFC, paket hemat. Ya lumayan lah, daripada lumonyong, xixi..”  -(Bulan, Karyawati sebuah production house yang berprofesi sebagai Penikmat kuliner)

“Dua puluh rebu? Hmm.. buat nonton sendiri itu mah. 15rebu, sama beli borondong di dalem bioskop, pas tuh 20rebu.”  -(Cahyo, Pelajar Bandung asal Kebumen, masih ingin sendiri (katanya))

“Hah?? Dua puluh ribu?! Jaman gini? buat apaan!! Hwahaha...”  -(kru belum sempat bertanya lebih jauh, beliau sudah pergi, mungkin terburu mau ke kamar mandi)

“Wah, kalau 20ribu sih kadang bisa Ibu cukupin buat makan seminggu, nak. Orang penghasilan Bapaknya juga belum tentu tiap hari ada.”  -(Ibu Arta, ditemui kru saat sedang mengumpulkan botol minuman bekas)

“Kalo punya 20ribu ya cukup buat beli susu buat anak, Mas. Lah susu sekarang makin naik, padahal kebutuhan suami dan anak yang lain juga perlu dipenuhin. Tapi ya gimana lagi toh, kebutuhan gizi anak juga kan penting. Ya seenggaknya kan masih bisa tetap sehat, gitu lah, ya Mas ya?”  -(Surti, Ibu dengan 3 orang anak, tempat tinggal masih ngontrak)

“20ribu? Dikumpulin, A. Buat tambah-tambah bayar tunggakan uang sekolah. Aa mau beli opak? buat pacar sama calon mertua, A.”  -(Ara, pelajar sekolah dasar penjual opak. Karena trenyuh, dan semua tidak punya pacar, akhirnya kru membeli semua opaknya untuk lomba Agustusan di studio)

“Duh dek, jangankan 20ribu, seharian Bapak narik juga, kadang malah sampe malem, belum tentu tuh dapet sampe 20ribu. Tapi ya sekarang biarpun selalu kurang dari kebutuhan, Bapak cukup-cukupin aja buat keluarga, ya mungkin rejekinya emang baru segini, lagipula kan…”  -(Pak Teguh, Penarik becak yang berpotensi menjadi motivator, selama tujuh jam akhirnya kru terpaksa mendengar curhatan beliau)


Demikianlah beberapa hasil wawancara dari ribuan hasil survei lainnya yang berhasil kru kami kumpulkan. Tanpa tidak sengaja kami bacakan beberapa hasil wawancara yang tidak terlalu serupa dengan tujuan agar asik aja, begitupun kiranya.

Kembali pada pria bermasalah tadi, setelah ditunjukkan hasil survei kami, beliau tetap berada dalam kebingungannya hingga akhirnya tetap menyimpan uang Rp. 20.000,00,00 tersebut.

Masalah terselesaikan. Case closed! *terdengar riuh tepuk tangan, satu orang*


Baiklah, sahabat tersayang! Cukup untuk hari ini. Sampai berjumpa kembali pada pertemuan berikutnya. See you when you don’t see me. Jangan ragu untuk mengkonsultasikan masalah anda pada kami.  Radio Cihuy, melengkapi mengatasi masalah dengan lebih banyak masalah.
Sumber : http://radiocihuy.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

My Ping in TotalPing.com
My Zimbio
Top Stories