Wednesday, March 30, 2011

Pencurian Password Facebook Melalui Short URL

Jika pengguna Facebook telanjur terkena jebakan pemendek URL yang sedang heboh saat ini, kewaspadaan tetap harus dijaga, kendati ini belum terlihat berbahaya.


Menurut ahli keamanan Vaksin.com, Alfons Tanujaya, pengguna yang sudah menjadi korban jebakan palsu pemendek url ini bisa melakukan beberapa tahapan untuk mencegah penyebaran metode ini lebih meluas.

"Langkah pertama ada baiknya mengganti password Anda. Walaupun sebetulnya belum diketahui apakah jebakan ini akan mencuri informasi penting atau data-data sensitif. Tidak ada salahnya untuk melakukannya," terangnya, saat dihubungi okezone, Selasa (29/3/2011).

Ditambahkan olehnya, jebakan yang diduga menggunakan metode Cross Site Scripting ini akan mengirimkan postingan serupa jika pengguna meng-klik link tersebut. Nah untuk memutus mata rantainya pastikan pengguna men-delete postingan tersebut dan mengabarkannya kepada anggota teman Anda.

"Yang terakhir tentu saja jangan mudah terjebak dan begitu saja meng-klik pemendek URL sembarangan. Kecuali memang orang tersebut dapat dipercaya," cetusnya.

Kendati tidak berbahaya, jebakan ini cukup menjalar dengan cepat. Satu catatan penting, jebakan metode ini tidak mengenal sistem operasi komputer, mau Anda pengguna Windows atau Linux, asal meng-klik saja link tersebut, pasti akan terkena juga.

Tulisan status yang terinfeksi kebanyakan sama, setidaknya ada 3 kalimat berbeda

1. Ini fotoku wkt lg ML http://tinyurl.com/rahasiapribadiku
2. Jangan salahin w kalo lo bakal ngakak ngeliat ni orang :D http://tinyurl.com/sampahh
3. Hiks..hiks..hiks..barusan mampir dari http://goo.gl/ds4vc KEREN bgt swearr.. buruan...mampir

NB: Perlu diketahui, tidak semua short url dibuat dengan maksud tidak baik.





Tag : Password Hack, Bobol Password, Hacking, Buka Password OrangLink URL, Pencurian Password, Keamanan Pasword,

No comments:

Post a Comment

My Ping in TotalPing.com
My Zimbio
Top Stories